Jumat, 04 Januari 2019

MATA PEMBAYARAN DALAM PEKERJAAN KONSTRUKSI

Daftar Kuantitas dan Harga terdiri dari :
  1. Mata Pembayaran Umum
Mata Pembayaran Umum memuat rincian komponen pekerjaan yang bersifat umum. misalnya pekerjaan persiapan, pembuatan direksi keet atau penyiapan ATK.
  1. Mata Pembayaran Penyelenggaraan Keamanan dan Kesehatan Kerja serta Keselamatan Konstruksi
Mata Pembayaran yang menjadi pokok dari identifikasi bahaya, penilaian risiko, penetapan pengendalian risiko K3.
Perkiraan biaya penyelenggaraan keamanan dan kesehatan kerja serta Keselamatan Konstruksi minimal mencakup penyiapan RKK, sosialisasi dan promosi K3, alat pelindung kerja/diri, asuransi dan perijinan, personel K3, fasilitas prasarana kesehatan, rambu-rambu yang diperlukan, konsultasi dengan ahli keselamatan konstruksi, dan lain-lain terkait pengendalian risiko K3 dan Keselamatan Konstruksi. Komponen/Item pekerjaan penyelenggaraan keamanan dan kesehatan kerja serta Keselamatan Konstruksi dimasukkan dalam Daftar Kuantitas dan Harga dengan besaran biaya berkisar antara 1.0% sampai 2.5% dari nilai pekerjaan atau sesuai dengan kebutuhan. Apabila tidak menyampaikan perkiraan biaya penyelenggaraan keamanan dan kesehatan kerja serta Keselamatan Konstruksi maka dinyatakan gugur dalam Evaluasi Harga.
  1. Mata Pembayaran Pekerjaan Utama
Mata Pembayaran Utama adalah mata pembayaran yang pokok dan penting yang nilai bobot kumulatifnya minimal 80% (delapan puluh per seratus) dari seluruh nilai pekerjaan, dihitung mulai dari mata  pembayaran yang nilai bobotnya terbesar yang ditetapkan oleh Pokja Pemilihan dalam Dokumen Pemilihan. Mata Pembayaran Pekerjaan Utama yang menjadi pokok dari paket Pekerjaan Konstruksi di antara bagian-bagian pekerjaan lain. Misalnya : 
a.      Pekerjaan Struktur Baja =40%
b.      Pekerjaan Struktur beton = 35%
c.       Pekerjaan Tiang Pancang = 11 %
sehingga komulatif = 86% lebih besar dari 80% berarti pekerjaan lainnya bukan merupakan pekerjaan utama.
Pekerjaan Utama adalah jenis pekerjaan yang secara langsung menunjang terwujudnya dan berfungsinya suatu konstruksi sesuai peruntukannya yang ditetapkan sebagaimana tercantum dalam Dokumen Pemilihan.
  1. Mata Pembayaran Lain
Mata Pembayaran Jenis Pekerjaan selain yang sudah diuraikan dalam Mata Pembayaran Pekerjaan Utama jika terdapat lebih dari satu jenis pekerjaan.
Biaya overhead (biaya umum) dan keuntungan termasuk untuk penyelenggaraan biaya pengawasan dan staf lapangan/tenaga ahli lapangan, administrasi kantor lapangan, konstruksi dan fasilitas sementara, transportasi, konsumsi, keamanan, kontrol kualitas dan pengujian, serta semua pajak, bea, retribusi, tenaga kerja, praktik/magang, dan pungutan lain yang sah serta yang harus dibayar oleh penyedia untuk pelaksanaan paket Pekerjaan Konstruksi ini telah diperhitungkan dalam total harga penawaran.
Pembayaran terhadap prestasi pekerjaan dilakukan berdasarkan kuantitas/keluaran pekerjaan terpasang yang dimintakan dan dikerjakan sebagaimana diukur dan diverifikasi oleh para pihak, serta dinilai sesuai dengan harga yang tercantum dalam Daftar Kuantitas dan Harga/Daftar Keluaran dan Harga, kecuali bagian pekerjaan Material on-Site (bagian pekerjaan di lapangan).

3 komentar:

  1. Pak ijin mau tanya.. Pada mata pembayaran ada 2 Kategori : 1 Bagian Pekerjaan Harga Satuan dan 2 Bagian pekerjaan lumpsump.. Untuk Pekerjaan lumpsum apa saja uraian (Keluaran/output) tsb ?? Dan Mata Pembayaran Lain itu maksudnya gimana ya pak? Terima kasih

    BalasHapus
  2. Besran biaya penyelenggaraan keamanan dan kesehatan kerja serta Keselamatan Konstruksi yang 1% s/d 2.5% dari nilai pekerjaan dasarnya dari mana ya?

    BalasHapus
  3. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus