Selasa, 15 Januari 2019

Manafkahkan Rezeki

Dalil-dalilnya diantaranya adalah:

📖 Firman Allah Ta'ala, yang artinya, "Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa yang membuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi." (QS.Al Munafiquun : 9).

📖 Firman Allah Ta'ala, yang artinya, "Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah satu diantara kamu, lalu ia berkata: Ya Robbku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematianku) sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh. (QS.Al Munafiquun : 10).

📖 Dan dalil selanjutnya adalah di akhir surah Al Munafiquun, Allah Ta'ala berfirman, yang artinya, "Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS.Al Munafiquun : 11).

📗 Yakinlah, sedekah tak mengurangi harta.🌾

Nabi sholallahu alaihi wasallam bersabda, "Sedekah tidaklah mengurangi harta". (HR. Muslim no.2558).

Maknanya, sebagaimana dijelaskan oleh Yahya bin Syarf An-Nawawi rahimahullah dalam Al Minhaj Syarh Shahih Muslim 16/141, yakni:

1).Harta tersebut akan diberkahi dan akan dihilangkan berbagai dampak bahaya padanya. Kekurangan harta tersebut akan ditutup dengan keberkahannya. Ini bisa dirasakan.

2).Walau secara bentuk/phisik harta tersebut berkurang, namun kekurangannya tersebut akan ditutup dengan pahala disisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak.

Doa malaikat:

Diantara do'a malaikat adalah mendoakan orang yang senantiasa memperhatikan nafkah keluarganya, dan orang yang gemar bersedekah.

Dari jalan sahabat Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, ia berkata bahwa Nabi sholallahu alaihi wasallam bersabda, "Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, "Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang gemar berinfaq (rajin memberi nafkah kepada keluarga)."
Malaikat yang lain berdoa, "Ya Allah berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah)." (HR. Bukhori no.1442 dan Muslim no. 1010).

Orang yang berinfaq dan bersedekah akan mendapatkan ganti dari Allah.

Allah Ta'ala berfirman, yang artinya, "Dan barang  apa yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizky yang sebaik-baiknya." (QS.Saba :39).

(*Allah akan mengganti apa-apa yang disedekahkan tersebut didunia, dan Allah akan memberikan balasan dan ganjaran di akhirat.🌾

Allah Ta'ala berfirman, yang artinya, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.  Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. al Baqarah: 261).

Wallahu Ta'ala a'lam.

1 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus