Senin, 21 Januari 2019

MERANCANG USIA KEDUA

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah sholallahu alaihi wasallam bersabda, yang artinya, "Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga perkara (yaitu) : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak sholeh yang mendoakannya." (HR. Muslim no.1631).
1. Sedekah jariyah (sedekah yang pehalanya terus mengalir).
Contoh: membangun masjid termasuk wakaf tanah masjid, sebab masjid digunakan untuk sholat, mengaji, dzikir dan ibadah lainnya yang selama masjid itu masih dipakai untuk ibadah maka orang yang bersedekah sekalipun sudah bertahun tahun meninggal akan mendapatkan pahala yang terus mengalir. 
Contoh lain yakni wakaf sawah, membangun pondok pesantren, taman pengajian al qur'an dan semisalnya. 
Dan juga : menggali sumur/membuatkan sumur yang bisa dimanfaatkan banyak orang, mencetak buku, dan berbagai macam yang bisa dimanfaatkan dalam ibadah. 

2. Ilmu yang bermanfaat
(yakni ilmu yang sumbernya "nggenah" atau jelas, yaitu bersumber dari Al Qur'an dan hadist Nabi sholallahu alaihi wasallam. Yaitu ilmu yang bisa mendekatkan kepada Allah,  ilmu syar'i (ilmu agama) yang diamalkan/diajarkan kepada orang lain dan kemudian banyak orang yang mengamalkan... kemudian menulis buku-buku yang bermanfaat dan terus dimanfaatkan banyak orang sehingga pahalanya tetap mengalir. 
Seorang Ulama,  yakni Imam an-Nawawi rahimahullah yang lahir di tahun 631 Hijriyah dan wafat tahun 676 Hijriyah (usianya 45 tahun) tetapi namanya dikenal dan dikenang hingga saat ini.  Sehingga beliau seakan-akan masih hidup karena masih diingat oleh umat islam sampai saat ini : 1440 Hijriyah. Beliau memiliki banyak karya, dan diantara karyanya yakni : Kitab Arba'in Nawawi (yang memuat 42 hadits-hadits pilihan dan juga Kitab Riyadush Shalihin (tentang akidah, akhlak, syari'ah dll), Subhanallah... Kitab-kitab ini kitab yang masyhur diterima umat muslim didunia dan sampai hari ini, sampai detik ini : terus dipelajari oleh para tholabul ilmi diberbagai penjuru dunia. Inilah pahala mengalir dari ilmu yang bermanfaat. 

3. Anak sholih yang mendoakan orang tua
Anak adalah termasuk usaha orang tua, sehingga amal-amal sholih yang diamalkan oleh anak-anak, akan menjadikan orang tuanya ikut mendapatkan pahala amalan tersebut tanpa mengurangi sedikitpun pahala si anak. 

Inilah umur kedua. Tergantung tabungan ini ada berapa,....dan dari ketiganya diatas kita punya yang mana saja?...

Wallahu Ta'ala a'lam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar